Wednesday, January 29, 2014

Hati- Hati Penipuan CPNS di 2014 (new)


Kita semua mengetahui bahwa tahun 2013 kemarin banyak bidang Kementrian dan BUMN melakukan pembukaan penerimaan CPNS. Dan mayoritas tahap seleksi tersebut sudah selesai atau sudah sampai tingkat paling akhir seperti tes kesehatan atau priskotes.

Dan di pagi hari ini Kamis 30 Januari 2014, saya mendapat telepon dari nomer yang tidak diketahui dan mengatas namakan Bidang kepegawaian dari Kementrian Kehutanan. Penelepon itu mengaku bernama Siska yang kita singkat B, dan saya A. Begini percakapannya.
B: Halo Apa benar ini dengan Bapak hadi?
A: Iya saya sendiri
B: Iya Pak ini saya dari Siska dari bidang kepegawaian Kementrian Kehutanan.
Waktu itu bapak sempat melamar di CPNS pada bulan November, ini kami ada penambahan kuota Pak. Dan jika Bapak bersedia harap menghubungi Bapak Insinyur Indra. Nomernya di catat ya di nomer 085342596789
A: Oke mbak sudah saya catat nanti saya hubungi

Nah tanpa pikir panjang beberapa detik kemudian ane coba hubungin Istri saya yang seorang CPNS. Saya bertanya "apa betul ya kalo kementrian memang butuh apakah bisa langsung menghubungi secara personal?" jawaban Istri saya "wah hati-hati itu coba ditelusuri aja dulu". 

Oke langsung saya coba telusuri dan menelepon Ir.Indra seperti kata Siska tadi. Ternyata waktu ditelepon nadanya sibuk terus. Saya sudah mencoba hingga 3 kali. Setelah itu Ibu Siska telpon lagi ke HP saya.
B: HaloBapak hadi?
A: Iya Bu, tadi saya coba telpon berkali-kali Bapak Indra susah sekali dihubungi ya?
B: Iya Pak, tapi saya sekarang mendapat laporan dari Bapak Indra untuk menghubungi kembali
A: Sekarang nih Mbak Bener ya
B: Iya bener langsung aja

Pas ane nelpon, bener gan. Tuh HP langsung aktive. Dan begini percakapannya dengan Pak Indra kita sebut C
A: Halo dengan Bapak Indra?
C: Iya saya sendiri. Ini siapa ya?
A: Saya hadi Pak. Tadi disuruh Ibu Siska nelpon ke Bapak
C: O iya Bapak Hadi ya. Begini Pak Hadi. Saya dari Kepala bidang kepegawaian ingin memberitahukan.
Bahwa Bapak terpilih untuk menjadi CPNS setelah 35 dari 5 peserta tidak melengkapi berkas kami.Nama Bapak terpilih untuk menggantikannya.Kami sudah menyeleksi dari beberapa nama yang pengganti yang gugur.Dan nama Bapak Hadi terseleksi karena IPK Bapak 3.14 dan para pengganti itu IPKnya rata-rata 2

Dari nada bicaranya orang ini memang sudah berpengalaman gan. Dan mengetahui data ane persis kayak di CV yang ane kirim di Kemenhut seperti alamat dan lainnya.
A: Oh begitu
C: Iya Pak.Bapak Hadi kan? alamat blabla, nomer telpon blabla, dll.

Bapak waktu itu proses sampe mana Pak?? TKD yah ikut tapi gak lolos kan

Ane iya aja gan. Padahal ane gak dateng TKD karena waktu ntu bareng sama Kemendikbud.
A: Iya Pak Betul
C: Nah maka dari itu saya ingin mengkonfirmasi Bapak bersedia gak, untuk menjadi pengganti
A: Iya Pak, Siap
C: Karena kalo tidak, Kami dari Kemenhut akan mencari kandidat lain.
C: dan apabila tidak ditemukan juga maka akan diadakan penerimaan kembali CPNS ditahun berikutnya. Sudah cukup jelas..?
A: Udah Pak
C: Nah kalo sudah cukup jelas saya buatkan NIP untuk Bapak dari BKN. Sehingga Bapak pada tanggal 7 februari bisa langsung masuk
Sehingga Bapak pada tanggal 7 februari bisa langsung masuk
A: Oh iya Pak saya bersedia

Buset bikin NIP dari BKN cepet banget gan. Apa die punya link orang BKN bisa secepet itu. Padahal Kemenhut dari websitenya aja gak gabung ke BKN. Dia ada website dan seleksi sendiri gan.
C: Kalo bersedia ya nanti saya siapkan. Namun membuat NIP tidak mudah seperti membalikan telapak tangan.
Dan butuh uang administrasi.Oh iya saat ini Bapak Hadi sudah bekerja atau belum??

Ngobrolnya langsung nanya kerjaan. ane jawab jujur.
A: Udah Pak
C: Bekerja di Mana?
A: Di menara Sudirman. PT.Arya
C: Bergerak di bidang apa itu?
A: Anu Pak..... Oil dan Treading
C: Oh ya sudah. Seperti kata saya tadi untuk uang admisitrasinya itu ada Pak.
A: Oh..Gitu
C: Iya untuk uang administrasinya dikenakan RP.3.700.000

Dalem hati ane agak terjangkau nih, gak seperti yang orang bilang sampe puluhan dan ratusan juta. Tapi mungkin kalo ane bilang pengangguran dia turunin uang administrasinya kali. sampe sejut. hahaha. lanjut ke percapakan.
C: Uang administrasi tersebut akan kami berikan ke Bapak (lupa ane namanya) di BKN bagian pembuatan NIP
A: ohh.. Iya Pak Baik
C: Jika bersedia uangnya harap disiapkan Pak. Dan dimohon untuk pembicaraan uang administrasi ini out of records saja Pak
Karena tujuan kami untuk merekrut. Cukup jelas pernyataan saya Pak, ada yang ,mau ditanyakan?
A: Mmm.. enggak ada
C: Oke kalau sudah disiapkan harap hubungi kami lagi ya
A: Oke pak nanti ane siapkan

Gile gan. Nih Tuti alias Tukang tipu memang tau data ane seperti di CV. Mungkin ini berkas lamaran yang terbuang tetapi data lamarannya tidak dihancurkan. Dan Orang ini memang sudah profesional seperti mengangkat anda dulu, kalau saya di IPK yang tinggi. Dan ane pengen pura-pura nelpon lagi tuh orang Bapak.Indra karena dananya ada. Eh gile nomernya langsung gak Aktif lagi.

Lanjut ke Lalu siang ini ane hubungin Bapak.Indra gak bisa juga. Lalu ane coba hubungin Bu Siska aktive gan. Begini pecakapan pukul 12.30 tadi.
A: Halo Ibu Siska..
B: Iya bagaimana pak..? sudah menghubungi bapak Indra
A: Udah Bu. 
B: Apa katanya??
A: Iya saya suruh nyiapin uang dan sekarang udah ada. Lalu bagaimana lagi bu??
B: Ya sudah untuk lebih jelasnya ke Tanya saja langsung ke Bapak Bily



waduh gile namanya udah ganti lagi nih.. Ane iya aja dan pura-pura nanya nomer telepon. Eh langsung di tutup. Dan ane  telpon lagi gak diangkat tapi nyambung gan. Kedua kali ane nyoba diangkat tapi di bilang gini "bapak langsung menghubungi bapak Biliy saja yah, saya sedang sibuk nih banyak kerjaan." langsung ditutup gan gile. Ane nyoba nelpon lagi nyambung tapi gak diangkat-angkat. waduh.



Saran ene bagi anda semua agar berhati-hati apabila ada yang model begini. 
  1. Ente udah gak lulus CPNS di tahap tertentu tapi ente masih ngarep kuota tambahan itu bullshit. Apalagi pake uang. 
  2. Jangan kaget apabila data agan lengkap dan tepat disebutinnya dan dari kementrian yang pernah anda daftar di 2013. 
  3. Jangan merasa hebat pula apabila IPK tinggi. Tapi kalo gak lolos tes tertentu ya gak lolos.

Sekian dulu dari penulis. Ane lagi coba telpon Bu Siska lagi tapi jawabannya sama. Suruh menghubungi Bapak Bily. Nanti saya kabarin lagi apabila ada perkembangan. Waspadalah-waspadalah.

No comments:

Post a Comment