Wednesday, April 23, 2014

Website Palsu Standard Chartered


Masih ingat website palsu dari bank BCA pada tahun 2001. Terlepas dari salah ketik atau "TYPO" ini Steven Haryanto mencoba membeli domain yang hampir mirip, yaitu : WWW.KLIKBCA.COM, KILKBCA.COM, CLIKBCA.COM, KLICKBCA.COM KLIKBAC.COM. Memanfaatkan celah tersebut banyak juga nasabah yang terkecoh dan kemudian si pembuat website mendapatkan beberapa data berupa username dan password.  
Melalui titik lemah ini tentu pihak bank sudah belajar dengan membeli beberapa domain yang mirip agar celah keamanan bertambah dan para nasabahpun merasa aman.
Lain hal dengan Bank Standard Chartered. Ketika saya mencari di google untuk mencari alamat website dari Bank Stanchard ini, saya menemukan alamat url lainnya yaitu http://www.vir.us/id/en/ . Bisa dilihat alamat tersebut bahkan tidak mirip. Tetapi jika anda mengklik url tersebut, maka tampilan website yang sama persis dengan tampilan dari website Standard Chartered Bank.
Tampilan web palsu stancard
Setelah saya konfirmasi pihak bank maka alamat web yang benar adalah    https://www.sc.com/id/en/save/saving-esaver.html atau www.standardchartered.co.id/‎. Saya ingin melapor bahwa ada website palsu ke CSnya tetapi CSnya tidak mau tahu alamat website palsu tersebut.

Setelah saya konfirmasi tidak digubris, saya jadi malas untuk melapor lagi. Sehingga saya pastikan saja ini hostingan dari mana. Ternyata domain vir.us ini berasal dari hosting Australia, walaupun dia menggunakan domain dot us. Walaupun hosting Australia bukan tidak mungkin si pemilik akun dari hosting itu bukan dari negara lain.

Lokasi dan IP Addres Hosting

Mungkin sekian dulu info dari saya saya juga sudah melaporkan web ini sebagai Phishing web atau penipuan web. Mudah-mudahan bagi anda para nasabah tidak nudah terkecoh terlepas dari dimudahkannya bisnis perbankan dengan internet bankingnya.

No comments:

Post a Comment